Menu Melayang

Kamis, 31 Maret 2022

Sekolah Dai Ciomas Kuatkan Jalinan Ukhuwah Masyarakat


BOGOR - Sebagai kader dai yang akan ditugaskan mengabdi mengemban amanah dakwah di berbagai titik di nusantara, Sekolah Dai Posdai Ciomas Bogor menyadari pentingnya membekali peserta didik dengan berbagai skil terapan tak terkecuali kecakapan sosial. 

Berangkat dari semangat tersebut, sebanyak 36 mahasantri Sekolah Dai Posdai Ciomas Bogor bersinergi dengan Pemuda Hidayatullah melakukan kegiatan turun ke masyarakat dalam program Bersih Bersih Masjid (BBM) yang bertajuk "Clean Mosque: Masjid Bersih, Ibadah Ramadhan Gigih" pada Kamis (31/3/2022).

Pada kesempatan tersebut, tujuan kegiatan digelar di Ciomas Bogor, tepatnya di mushala dan masjid warga Gang Pasir Jengkol, Sukaharja, Ciomas, Bogor, Jawa Barat. Klik videonya di sini.

Kepala Sekolah Sekolah Dai Posdai, Ust Zainuddin Rusdjak, Lc, mengatakan kegiatan bersih bersih masjid ini juga sebagai momentum untuk membangun kecakapan sosial kader dai tentang kehidupan masyarakat serta mengeratkan kohesi sosial. 

"Dengan BBM ini, santri Sekolah Dai bisa langsung berinteraksi dengan masyarakat dan memahami kondisi yang ada. Hal ini juga semakin menumbuhkan bagaimana empati sehingga jalinan ukhuwah terus terjaga," kata Ust Zainuddin yang juga turut membersamai dalam aksi ini. 

Dia menambahkan, agenda ini terutama dalam rangka mendekatkan para santri Sekolah Dai dengan masyarakat. Harapannya kelak para kader dai ini memiliki bekal yang cukup sebelum mereka dikirim ke berbagai titik untuk berdakwah. 

Salah seorang warga, Jajang, menyambut baik kegiatan ini. Ia merasa terharu karena masih ada pemuda yang mau turun berkegiatan untuk membersihkan masjid serta secara tidak langsung akan membangun kesadaran masyarakat bahwa masjid adalah rumah besar kaum muslimin dan pusat peradaban Islam. 

"Selalu jujur dan berakhlak. Mudah mudahan kedepannya lebih baik, lebih bagus, insya Allah kemana mana saja (ditugaskan) aman," katanya seraya berpesan. 

Kegiatan ini berlangsung berkat sinergi Pemuda Hidayatullah dengan Mahasantri Sekolah Dai Hidayatullah Ciomas, Bogor dan juga Pengurus Wilayah Pemuda Hidayatullah Jakarta.

Dalam waktu satu jam, dua lokasi berhasil dibersihkan dengan sangat baik. Warga dan pengurus mushala maupun masjid itu sangat bangga dengan gelaran anak-anak muda ini.

Bahkan ada warga, seorang ibu, yang ikut datang ke mushala dan masjid lalu memberikan suguhan teh manis disertai biskuit yang dinikmati penuh syukur oleh segenap anak-anak muda itu.

Program BBM dengan tema "Masjid Bersih, Ibadah Ramadhan Gigih" itu tidak saja memberikan layanan kebersihan bagi masjid, tetapi juga mewakafkan alat-alat kebersihan yang baru saja dibeli untuk selanjutnya menjadi perlengkapan kebersihan milik masjid.

"Semoga dengan hadirnya program BBM ini, masyarakat semakin semangat dalam menyambut dan mengisi Ramadhan dengan kesungguhan dan kebersihan, kebersihan masjid, kebersihan jiwa hingga kebersihan perilaku dari keburukan dan kesia-siaan," kata Sekjen Pemuda Hidayatullah, Mazlis B  Mustafa. (ybh/hio)

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel